Efek samping bawang untuk kesehatan

Efek samping untuk kesehatan - Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang juga sering digunakan sebagai cita rasa dapur, bahkan banyak orang yang lebih memilih bawang merah daripada bawang putih karena rasanya lebih enak juga. Tapi tahukah juga bahwa ada efek samping bawang merah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan, apalagi jika prosesnya salah. Meski kandungannya bagus di dalamnya banyak, termasuk asam folat, serat, zat besi, kalsium, vitamin C dan juga potassium, sebaiknya kita tidak mengabaikan efek samping bumbu dapur ini.
Manfaat bawang merah

Berikut ini efek samping bawang merah :

Baca juga : Dokter sunat pekanbaru

1. Bau mulut
Setelah dikonsumsi, rasanya cukup enak, begitu juga saat kita makan sate ayam dengan saus kacang disertai irisan bawang merah. Tapi jangan heran jika setelah memakannya, nafas kita menjadi tidak enak. Bau mulut terjadi karena ada aroma mulut yang cukup kuat dan ini juga disebabkan oleh tingginya kadar belerang dalam bawang merah, untuk mengurangi kepercayaan diri kita setelah menikmatinya.

2. Sakit kepala
Mungkin ada beberapa dari kita yang suka makan bawang sebagai makanan pembuka atau suka makan berlebih. Ini tidak akan baik untuk kesehatan tubuh kita karena pada dasarnya kelembaban di bawang cukup tinggi dan berlebihan dan inilah yang diketahui bahwa kepala kita mudah pusing.

3. Terbakar perut
Padahal, bawang merah juga dianggap sangat bermanfaat sebagai obat sejumlah masalah gastrointestinal, namun hati-hati dengan efek samping yang cukup mengganggu karena ternyata bawang merah bisa membawa sensasi terbakar di perut. Ini disebut iritasi lambung. Bila setiap bawang merah setelah makan terjadi seperti ini, segera konsultasikan dengan dokter.

4. Mual dan muntah
Mual bisa terjadi saat kita makan terlalu banyak bawang merah, bisa jadi karena efek jengkel dari perut. Biasanya, saat perut sudah merasa mual, maka akan diikuti dengan muntah. Jika ini terjadi lebih dari sekali atau bahkan berkali-kali setelah makan bawang setiap, sebaiknya segera periksa agar tidak bertambah parah.

5. Sensitivitas lebih tinggi
Konsumsi bawang merah, yang diikuti dengan minum aspirin akan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Khusus untuk orang yang alergi terhadap bawang bombay, sebaiknya hindari mengkonsumsi aspirin pada saat bersamaan karena akan membuat tubuh lebih sensitif terhadap bawang. Hal ini secara otomatis dapat menyebabkan tubuh menghasilkan reaksi alergi yang lebih serius lagi.

6. Bekuan darah tersumbat
Proses pembekuan darah di tubuh akan terhambat oleh konsumsi bawang dan semua ini disebabkan oleh salah satu rahim. Antikoagulan adalah kandungan bawang merah, dan jika satu orang mengkonsumsi bawang merah bersamaan dengan antikoagulan lain, risiko memar dan pendarahan bisa terjadi.

7. Tekanan darah rendah
Bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan minum obat untuk mengurangi darah, sebaiknya Anda tidak makan bawang merah. Bawang itu sendiri memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik, sehingga dengan mengkonsumsi obat secara bersamaan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tekanan darah akan terlalu rendah sehingga akan membuat tubuh mudah menjadi lemah dan pusing.

8. Keasaman perut
Konsumsi bawang merah tidak terkontrol dan berlebihan bisa menyebabkan mulas di perut kita. Tidak hanya efek pembakaran dan mual yang bisa terjadi, tapi juga mulas akan dirasakan oleh konsumen. Hati-hati dengan ini karena ada efek buruk yang bisa terjadi pada mereka yang menderita penyakit jantung. Jika mulas ini terjadi beberapa kali atau bahkan sering, jangan ragu untuk mendapat pertolongan medis dan perhatian.

9. Perut yang Tidak Nyaman Bagi Wanita Hamil dan Laktasi
Bagi mereka yang sedang hamil, itu pertanda mereka membawa janin di perut, jadi makan bawang merah sebaiknya tidak dilakukan. Selain berbahaya bagi janin, perut wanita hamil akan merasa tidak nyaman, entah karena panas atau juga mulas. Batasi jumlah konsumsi agar tidak membahayakan diri sendiri dan janin / bayi.

10. Masalah kulit
Bawang tidak hanya memberi efek samping bila dikonsumsi berlebihan, penggunaan kulit atau eksternal juga bisa berakibat buruk. Mungkin beberapa orang telah mencoba mengoleskan jus bawang ke kulit mereka dan kemudian mereka muncul ruam pada kulit. Ini disebut iritasi kulit yang mungkin disebabkan oleh efek panas bawang. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengujinya terlebih dahulu pada area kecil kulit bagian pergelangan tangan .

Itulah beberapa efek sampiing bawang merah, semoga berguna dan bermanfaat.

Komentar